Tautan-tautan Akses

Hatoyama Mulai Susun Pemerintah Baru Jepang


Pemimpin oposisi dan yang besar kemungkinan bakal menjadi perdana menteri Jepang berikutnya, Yukio Hatoyama mulai melakukan pembicaraan membentuk pemerintah baru. Ini setelah partainya, Partai Demokrat (DPJ) menang besar dari Partai Demokrat Liberal (LDP) yang memerintah dalam pemilihan Parlemen.

Hari Senin Hatoyama mengadakan pertemuan dengan calon-calon yang kemungkinan akan mengisi kabinet setelah partainya merebut 308 dari 480 kursi di Majelis Rendah Parlemen yang memilih perdana menteri.

Majelis Tinggi sudah didominasi Partai Demokrat. Kemenangan partai ini hari Minggu mengakhiri kekuasaan Partai Demokrat Liberal yang hampir tidak terpatahkan selama 55 tahun.

Perdana Menteri Taro Aso menerima tanggungjawab atas kekalahan partainya LDP dan hari Senin mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri sebagai ketua partai. Partainya masih menguasai 119 kursi di Majelis Rendah.

Hatoyama mengatakan ia bersama partainya telah berjanji akan mereformasi kebijakan pemerintah antara lain mengurangi prioritas perusahaan-perusahaan besar sebaliknya membantu keluarga yang mendapat santunan seperti tunjangan anak.


XS
SM
MD
LG