Tautan-tautan Akses

Intelijens Pakistan: Pemimpin Taliban Pakistan Telah Tewas


Seorang perwira intelijens Pakistan mengatakan pemimpin Taliban Pakistan Baitullah Mehsud telah tewas oleh tembakan misil hari Rabu di daerah suku terpencil Waziristan Selatan dan dimakamkan di dekatnya.

Perwira tersebut mengatakan ia dimakamkan di desa Nargusai, tidak jauh dari tempat yang ditembak oleh pesawat tak-berawak yang dicurigai milik Amerika Serikat itu.

Menteri Dalam Negeri Pakistan Rehman Malik juga mengatakan informasi sudah datang dari daerah itu bahwa Mehsud telah tewas. Tetapi, ia mengatakan kematian tersebut belum dengan resmi dikukuhkan, karena daerah itu dikuasai oleh Taliban.

Para pejabat Amerika juga mengatakan ada indikasi yang kuat Mehsud tewas dalam serangan itu, tetapi mengatakan mereka tidak dapat mengukuhkannya. Laporan memberi indikasi bahwa isteri kedua Mehsud dan pengawal pribadinya juga tewas dalam tembakan misil itu.

Amerika Serikat telah menyediakan hadiah 5 juta dolar untuk menangkap Mehsud, yang katanya mempunyai hubungan yang erat dengan para anggota al-Qaida.

Waziristan Selatan adalah daerah berbukit-bukit, terpencil, tidak mempunyai hukum dan basis Mehsud.


XS
SM
MD
LG