Tautan-tautan Akses

Pakistan Laporkan Tewasnya Pemimpin Taliban, Baitullah Mehsud


Pihak berwenang Pakistan mengatakan mereka cukup yakin orang yang paling dicari di Pakistan, komandan Taliban dan kaki tangan Al-Qaeda Baitullah Mehsud, tewas dalam serangan misil Amerika minggu ini di Waziristan Selatan.

Jika benar, tewasnya Mehsud akan menandai kemenangan besar dalam usaha Pakistan untuk mengalahkan pemberontak Taliban yang bertanggung jawab atas beberapa serangan.

Hari Jumat, Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi mengatakan pada wartawan sumber-sumber intelijen mengatakan bahwa Mehsud terbunuh bersama salah satu istrinya dalam serangan pesawat Amerika hari Rabu. Tetapi ia mengatakan pihak berwenang akan berangkat ke wilayah kekuasaan Mehsud di Waziristan Selatan untuk mendapatkan konfirmasi 100 persen.

Gedung Putih mengatakan Jumat mereka tidak bisa memastikan tewasnya Mehsud. Tapi juru bicara Robert Gibbs mengatakan ada konsensus bersama diantara pengamat yang terpercaya bahwa pimpinan Taliban itu telah tewas.

Beberapa media melaporkan sumber-sumber Taliban yang tidak disebut namanya mengatakan Mehsud terbunuh dan lalu dikuburkan di wilayah Taliban di Nargusai. Mereka menambahkan para pemimpin Taliban tengah mengadakan pertemuan untuk mencari pengganti Mehsud.


XS
SM
MD
LG