Tautan-tautan Akses

Obama: Perekonomian AS Merupakan “Bencana Yang Berlanjut”


Presiden Amerika Barack Obama mengatakan perekonomian Amerika yang menciut merupakan “bencana yang berlanjut” bagi keluarga kelas menengah yang bekerja di Amerika. Dia mengatakan itu hari ini setelah laporan pemerintah menunjukkan perekonomian Amerika menciut dengan laju 3,8 persen sepanjang tiga bulan terakhir tahun 2008.

Obama mengatakan “saat untuk bertindak adalah sekarang” dan dia menyerukan agar Senat menyetujui dengan cepat rancangan perangsang 800 milyar dollar yang dia ajukan, yang sudah disetujui Dewan Perwakilan Rakyat.

Seorang penasehat ekonomi Gedung Putih mengatakan resesi telah menjalar ke seantero sektor ekonomi. Para pakar ekonomi mengatakan Produk Domestik Bruto menyusut karena konsumen yang khawatir mengurangi pengeluaran, dan dunia usaha mengurangi kesempatan kerja dan investasi.

Ini adalah angka pertumbuhan terburuk dalam seperempat abad. Sementara itu, pemerintahan Obama terus berupaya me-reformasi sistem keuangan dan menstabilkan perbankan. Menteri Keuangan Timothy Geithner hari ini melakukan pertemuan dengan kepala Bank Sentral Ben Bernanke dan para pejabat tinggi lainnya.

Dalam berita lainnya, Presiden Amerika Barack Obama telah mengumumkan satuan tugas yang akan memusatkan perhatian pada kelas menengah di Amerika, dan menandatangani perintah eksekutif yang mengubah sejumlah kebijakan perburuhan pemerintahan Bush.

Di Gedung Putih hari ini, Obama mengumumkan Wakil Presiden Joe Biden akan memimpin satuan tugas bagi kelas menengah itu. Katanya, warga miskin Amerika tidak akan dilupakan, dan pemerintahannya ingin memastikan mereka juga menarik manfaat dari kemakmuran Amerika, selama mereka mau bekerja untuk itu. Biden mengatakan pembentukan satuan tugas itu mengirim isyarat nyata kepada warga Amerika yang bekerja keras bahwa pemerintah kini di pihak mereka lagi.

Katanya sudah lama sekali Gedung Putih tidak menempatkan kelas menengah di garis depan kebijakan. Obama menandatangani tiga perintah eksekutif yang katanya bertujuan menciptakan lapangan permainan yang seimbang bagi karyawan dan serikat sekerja yang mewakili kepentingan mereka. Katanya dia tidak melihat serikat buruh sebagai bagian dari masalah, tetapi bagian dari solusi.



XS
SM
MD
LG