Tautan-tautan Akses

Perompak Somalia Bebaskan Dua Kapal Tapi Bajak Satu Lainnya


Perompak Somalia telah membebaskan dua kapal tapi membajak satu lainnya dalam serangkaian pembajakan kapal internasional di dekat Somalia baru-baru ini.

Mentri luar negri wilayah otonomi Puntland di Somalia utara mengatakan kapal dengan bendera Panama dengan muatan semen dibajak semalan di lepas pantai Oman (lautan Hindia). Kedua belas awak kapal itu terdiri dari beberapa warga Suriah dan dua warga Somalia.

Pejabat Filipina hari ini juga mengukuhkan bahwa 20 pelaut Filipina dalam keadaan selamat setelah disandera selama lebih dari 80 hari dalam kapal barang milik Jepang tempat mereka bekerja. Pejabat menyebut masih ada 47 orang Filipina yang masih ditahan pada beberapa kapal lainnya di lepas pantai Somalia.

Kantor berita resmi Iran melaporkan 29 awak kapal Iran dibebaskan tanpa cedera Kamis malam, 7 minggu setelah kapal mereka dibajak. Laporan itu tidak menyebut apakah dibayar dengan uang tebusan.

Mentri-mentri pertahanan NATO minggu ini sepakat untuk mengirim 7 kapal militer ke laut di lepas pantai Somalia untuk membantu memerangi ancaman perompak yang bertambah banyak.

XS
SM
MD
LG