Tautan-tautan Akses

Pertempuran Hebat di Mogadishu Tewaskan 18 Orang


Pertempuran hebat pecah di ibukota Somalia, Mogadishu, menewaskan sedikitnya 18 orang, kebanyakan warga sipil.

Pertempuran dimulai ketika pasukan pemberontak menyerang pasukan Uni Afrika dan pasukan Ethiopia yang membantu tentara Somalia. Ketika pertempuran berkecamuk, tembakan-tembakan meriam menghantam pasar bakara yang sedang ramai dikunjungi orang.

Ethiopia sebelumnya menolak seruan kelompok oposisi supaya ditentukan batas waktu bagi penarikan pasukan Ethiopia dari Somalia.

Kata PM Meles Zenawi kepada parlemen hari Kamis, penarikan pasukan hanya akan dipertimbangkan apabila kestabilan Somalia bisa dijamin. Tapi ia juga menyatakan ketidak-sabaran atas usaha internasional untuk membantu Somalia memulihkan keamanan dan ketertiban setelah perang saudara yang berlangsung 17 tahun.

Usaha rekonsiliasi yang didukung PBB antara pemerintah Somalia dan kelompok lawannya tidak menghasilkan kemajuan, sementara pemberontakan kelompok islam terus berkecamuk.

Ethiopia diperkirakan punya lebih dari 10-ribu orang tentara di Somalia untuk mendukung pemerintahan Somalia. Tentara Ethiopia itu masuk ke Somalia tahun 2,006 untuk membantu pemerintah setempat melawan kelompok islam yang merebut kekuasaan di kawasan tengah dan selatan, termasuk ibukota Mogadishu. Pemberontak Somalia ancam akan serang Kenya.

Sementara itu, kelompok pemberontak islam Somalia mengancam akan menyerang Kenya apabila Kenya memberikan latihan pada tentara Somalia.

Kata Sheikh Muktar Robow, jurubicara kelompok islam al-shabab, tawaran Kenya minggu lalu untuk melatih 10-ribu orang tentara Somalia sama saja artinya dengan membantu pemerintahan sementara Somalia itu.

Kata Robow, Kenya harus menghentikan rencana itu, kalau tidak, kelompok al-shabab akan mengerahkan semua pasukan jihadnya untuk menyerang Kenya.

Amerika mengatakan, kelompok al-Shabab adalah kelompok teroris yang punya hubungan dengan al-Qaida.

XS
SM
MD
LG