Tautan-tautan Akses

Bush Kawatir Rusia Langgar Gencatan Senjata di Georgia


Kata presiden Amerika George Bush, ia kawatir bahwa Rusia telah melanggar gencatan senjata di Georgia. Bush mengatakan hari ini di Gedung Putih bahwa ia telah berbicara dengan Presiden Georgia Mikhail saakashvili dan Presiden Perancis Nicolas sarkozy, yang terlibat dalam usaha perdamaian antara Rusia dan Georgia.

Kata Presiden Bush, ia prihatin akan laporan yang mengatakan bahwa Rusia belum menghentikan aksi militernya di Georgia kendati telah mengumumkan semua operasi militer telah berakhir. Menteri LN Condoleezza rice akan terbang ke perancis untuk bertemu dengan presiden sarkozy dan kemudian pergi ke Georgia untuk menggalang usaha dunia bebas membantu negara itu.

Pemimpin Amerika itu juga minta supaya Rusia segera menghentikan semua tindakan militernya di Georgia dan menarik pasukannya yang masuk ke negeri itu.

Sebuah konvoi militer tentara Rusia dilaporkan terus masuk ke kawasan Georgia kearah ibukota Tbilisi. Kata sejumlah wartawan barat yang berada dekat konvoi truk dan kendaraan lapis baja Rusia itu, mereka tidak tahu kemana tujuan konvoi itu, dan tidak bisa dipastikan bahwa pasukan Rusia itu akan menuju ibukota Georgia.

Pejabat departemen pertahanan Amerika mengatakan, sebuah latihan militer gabungan dengan Rusia telah dibatalkan karena adanya operasi militer di Georgia itu.

Dalam perkembangan lainnya, Amerika mengirim sedikitnya dua pesawat kargo ke Georgia untuk membawa bantuan kemanusiaan ke kawasan yang dilanda konflik militer itu. Pesawat angkut raksasa C-17 yang berisi penuh obat-obatan, tenda, selimut dan kasur tiba di Georgia hari Rabu, dan sebuah pesawat lainnya akan tiba hari Kamis.

Kata jurubicara departemen pertahanan Amerika Bryan Whitman, juga akan dikirim sebuah tim militer untuk melihat bantuan apa saja yang masih dibutuhkan. Menteri pertahanan Robert gates diperintahkan oleh Presiden Bush untuk memimpin usaha bantuan itu.

Program pangan sedunia juga mengirim dua pesawat membawa 37 ton makanan kering bergizi tinggi ke Georgia untuk membantu orang-orang yang tidak punya fasilitas untuk memasak makanan.

XS
SM
MD
LG