Tautan-tautan Akses

Militer Kolombia Tayangkan Video Pembebasan 15 Orang Sandera


Militer Kolombia telah menayangkan video yang merekam usaha pembebasan 15 orang sandera pemberontak yang menunjukkan para sandera mencucurkan air-mata kegembiraan setelah menyadari mereka telah dibebaskan.

Video itu disiarkan di Bogota untuk menjawab pertanyaan mengenai operasi pertolongan itu. Menteri Pertahanan Juan Manuel Santos membantah laporan bahwa jutaan dolar uang tebusan telah dibayar untuk pembebasan sandera. Juga hari Jumat, politisi berkewarganegaraan Perancis-Kolombia Ingrid Betancourt disambut di Paris oleh Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan isterinya Carla Bruni. Betancourt dibebaskan setelah disandera 6 tahun.

Bentancourt mengatakan kepada massa penyambutnya dia sudah bermimpi selama bertahun-tahun untuk pulang, dan dengan berlinang air-mata ia mengucapkan terima-kasih kepada Perancis atas usahanya untuk pembebasannya. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kolombia karena berhasil melaksanakan apa yang disebutnya pertolongan yang sempurna tanpa kekerasan.

Betancourt mengatakan dia tetap merasa teguh karena agama Katholiknya, dan dia menyebut pembebasannya suatu mukjijat dari Bunda Maria. Paus Benediktus telah mengundangnya ke Vatikan untuk bertemu.

Betancourt bertemu dengan putra dan putrinya di Bogota hari Kamis, kurang dari satu hari setelah tentara Kolombia membebaskannya dan 14 lainnya, termasuk 3 kontraktor pertahanan warga Amerika, dari tangan Pasukan Bersenjata Revolusioner Kolombia, FARC.

Pihak berwenang Kolombia mengatakan para pejabat intelijen Kolombia berhasil mengelabui pemberontak sehingga menyerahkan sandera yang sangat terkenal untuk diangkut dengan helikopter ke tempat lain. Sandera menaiki apa yang kemudian ternyata helikopter pemerintah yang menerbangkan mereka ke tempat aman.

XS
SM
MD
LG