Tautan-tautan Akses

Pemerintah Kolombia Jajaki Kontak Langsung dengan Pemberontak FARC


Pemerintah Kolombia menyatakan pihaknya sedang menjajaki membuka kontak langsung dengan pemberontak kiri FARC dalam upaya membebaskan sandera yang masih disekap pemberontak itu.

Keterangan itu diucapkan Komisaris Perdamaian Luis Carlos Restrepo hari Senin, beberapa hari setelah militer Kolombia melakukan operasi membebaskan politisi berkewarganegaraan Prancis-Kolombia, Ingrid Betancourt bersama 14 lainnya dari sekapan pemberontak.

Restrepo mengatakan kepada radio setempat pemerintah akan memulai beberapa langkah melakukan kontak langsung untuk mengetahui apakah bisa dicapai kemajuan. Ia juga mengatakan pihaknya mungkin menghentikan upaya Prancis dan Swiss yang berusaha mencapai perjanjian bagi pembebasan sandera.

Pemberontak telah 44 tahun berperang melawan pemerintah Kolombia dan diduga menyekap sekitar 700 orang di basisnya di tengah hutan.

Betancourt diselamatkan hari Rabu lalu setelah lebih dari enam tahun disekap bersama-sama 3 warga Amerika kontraktor pertahanan dan 11 anggota militer Kolombia.

XS
SM
MD
LG