Tautan-tautan Akses

Dalai Lama Tiba di Amerika Serikat untuk Kunjungan Dua Minggu


Dalai Lama telah tiba di Amerika Serikat untuk kunjungan dua minggu – yang pertama sejak kekacauan pecah di tanah-airnya.

Pemimpin kerohanian Tibet di pengasingan itu tiba hari Kamis di Seattle, Washington, dimana ia dijadwalkan akan turut dalam konferensi 5-hari mengenai kerohanian yang dimulai hari ini.

Di Jepang hari Kamis, Dalai Lama mengatakan ia mendukung pesta-olah raga Olimpiade yang akan segera diadakan di Beijing, walaupun Cina terus melakukan penindakan terhadap demonstran anti-pemerintah di Tibet. Obor Olimpiade untuk pesta olah raga di Beijing itu sudah melakukan persinggahan satu-satunya di Amerika Utara, yakni di kota San Fransisco, dengan pengamanan yang ketat.

Departemen Luar Negeri Cina hari Kamis menanggapi kunjungan Dalai Lama, dan menyatakan lagi klaimnya bahwa orang Tibet di pengasingan berusaha memecah Cina dengan kedok agama. Jurubicara Departemen Luar Negeri Cina Jiang Yu juga dengan kuat menolak resolusi yang disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Amerika. Dia mengatakan resolusi yang disponsori ketua DPR Nancy Pelosi itu memutar-balikkan sejarah dan kenyataan Tibet.

XS
SM
MD
LG