Tautan-tautan Akses

Protes Kekerasan di Tibet, Atlit Dunia Pertimbangkan Boikot Olimpiade


Komite Olimpiade Internasional atau IOC mengatakan beberapa atlit top dunia mempertimbangkan untuk memboikot Olimpiade Beijing sebagai protes terhadap penumpasan Cina terhadap aktivis di Tibet.

Tetapi, anggota IOC dan pejabat senior pemerintah di beberapa negara Eropa mengatakan Minggu mereka menentang boikot terhadap Olimpiade Beijing.

Kementerian Luar Negeri Prancis mengungkapkan keprihatinan sehubungan peristiwa di Tibet akhir-akhir ini dan minta penguasa Cina menyadari pentingnya melindungi HAM menjelang Olimpiade ini.

Ratusan aktivis pro-Tibet di Den Haag dan Paris bentrok dengan polisi Minggu diluar Kedutaan Besar Cina. Pengunjuk rasa berhasil menurunkan bendera Cina dan mengibarkan panji-panji Tibet.

Warga Tibet di pengasingan dan pendukung mereka di kota-kota Eropa dan diseluruh dunia mengorganisir sebuah protes lagi Minggu. Beberapa menyerukan boikot terhadap Olimpiade, tetapi pemimpin spiritual Tibet di pengasingan, Dalai Lama, mengatakan, ia tidak menentang peran Beijing sebagai tuan rumah dari pesta olah raga itu musim panas ini.

XS
SM
MD
LG