Tautan-tautan Akses

Dalai Lama: Harus Ada Penyelidikan Terhadap Kerusuhan Baru-Baru ini di Tibet


Pemimpin spiritual Tibet di pengasingan mengatakan, haruslah ada penyelidikan terhadap kerusuhan baru-baru ini di Tibet. Dia menuduh Cina melakukan apa yang disebutnya "genosida budaya" di tanahairnya. Dalai Lama memberitahu para wartawan di tempat kedudukannya di Dharmasala, India utara, hari Minggu ini, bahwa masyarakat internasional haruslah mencaritahu apa yang sedang terjadi di Tibet.

Akan tetapi, katanya, Beijing tetap harus diizinkan menjadi tuan rumah Olimpiade tahun ini. Sementara itu, protes-protes rusuh dilaporkan hari ini terjadi di propinci Sichuan, Cina, dengan bentrokan-bentrokan antara polisi dan para demonstran warga Tibet. Pemerintah Tibet di pengasingan mengatakan hari Minggu ini, mereka sudah mengukuhkan kematian 80 orang dalam bentrokan Jum’at lalu dengan pihak penguasa Cina di ibukota Tibet, Lhasa.

Seorang jurubicara mengatakan kepada wartawan di India utara hari ini, 72 orang luka-luka dalam situasi paling rusuh akibat tindakan pemerintah Cina sejak tahun 1989. Pihak berwenang Cina menyebutkan bahwa jumlah korban kematian dari kerusuhan hari Jum’at tsb hanya 10 orang .

XS
SM
MD
LG