Tautan-tautan Akses

DK PBB dan Jerman akan Bahas Kemungkinan Sanksi Lanjutan bagi Iran


Para diplomat dari kelima anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan Jerman hari ini diperkirakan akan membahas kemungkinan sanksi lebih lanjut terhadap Iran karena program nuklir yang dipersengketakan.

Departemen LN Amerika mengatakan Wakil Mentri LN Amerika Urusan Politik Nicholas Burns akan mengadakan pembicaraan lewat telepon dengan rekan-rekannya dari Inggris, Prancis, Rusia, Cina dan Jerman.

Para diplomat itu sedang berusaha memfinalkan persyaratan resolusi sanksi ketiga terhadap Teheran. Tetapi pejabat-pejabat Amerika mengatakan resolusi baru itu baru akan diserahkan sesudah bulan Januari.

Dalam berita terakhir, Rusia pekan ini mulai mengirim bahan bakar untuk pembangkit tenaga nuklir Iran Bushehr di Teluk Persia, dengan syarat semua sisa bahan bakar yang sudah digunakan dikembalikan kepada Rusia.

Seorang jurubicara kontraktor pemerintah Rusia, Irina Yesipova, mengatakan kepada VOA bahan bakar itu akan dikirim dari Rusia di bawah pengawasan ketat dari Badan Tenaga Atom Internasional, IAEA.

XS
SM
MD
LG