Tautan-tautan Akses

DK PBB dan Jerman Belum Sepakat Soal Sanksi Lanjutan Terhadap Iran


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice mengatakan masih terdapat perbedaan pendapat di antara 5 negara anggota tetap Dewan keamanan PBB, dan Jerman, mengenai masalah pelaksanaan sanksi lebih lanjut terhadap Iran.

Para diplomat dari negara-negara anggota yang mempunyai hak veto Dewan Keamanan PBB dan Jerman tidak menyelesaikan perbedaan pendapat mereka dalam pembicaraan lewat telpon hari Kamis.

Tetapi Menteri Luar Negeri Rice mengatakan, mereka sepakat dalam strategi dua jalur yang menyerukan dikenakannya sanksi kalau Iran terus melakukan kegiatan memproses uranium dan memperoleh manfaat kalau Iran menghentikan proses itu.

Kepala urusan Politik,Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Nicholas Burns ikut dalam pembicaraan lewat telpon itu bersama rekan-rekannya dari Inggris, Prancis, Rusia, Cina dan Jerman , atau yang disebuit Grup P 5 tambah Satu..

Para diplomat itu sedang berusaha menyelesaikan masalah resolusi mengenai sanksi ketiga PBB terhadap Teheran. Tetapi para pejabat Amerika mengatakan, tidak mungkin mengajukan resolusi baru sebelum Januari.


XS
SM
MD
LG