Tautan-tautan Akses

Juru Runding Nuklir Iran, Ali Larijani Mengundurkan Diri


Jurubicara pemerintah Iran mengatakan, perunding utama program nuklir yang kontroversial negara itu, Ali Larijani, telah mengundurkan diri.

Kantor berita resmi Iran IRNA mengutip jurubicara pemerintah Gholam Hossein yang mengatakan bahwa Larijani meletakkan jabatan karena alasan pribadi, dan karena ingin mencurahkan waktunya untuk kegiatan politik lain.

Elham mengatakan, Larijani telah berulang kali hendak meletakkan jabatan, dan kali ini Presiden Mahmoud Ahmadinejad akhirnya menyetujui pengunduran dirinya.

Jurubicara tersebut mengatakan, Larijani akan digantikan oleh Saeed Jalili. Jalili adalah Deputi Menteri masalah Eropa dan Amerika, dan sekutu dekat Presiden Ahmadinejad.

Sebelumnya pekan ini, Larijani mengatakan bahwa dia akan mengadakan pembicaraan lagi Selasa di Roma dengan Kepala kebiejaksanaan luar negeri Uni Eropa Javier Solana. Pengganti Larijani, Saeed Jalili, akan melaksanakan pembicaraan dengan Solana.

Amerika dan negara-negara Barat lainnya menuduh Iran secara rahasia berusaha membuat senjata nuklir. Teheran menyangkal tuduhan itu dengan mengatakan bahwa program nuklirnya untuk tujuan damai.

XS
SM
MD
LG