Tautan-tautan Akses

Larijani akan ke Roma untuk Sertai Pembicaraan Nuklir Iran dengan UE


Para pejabat Iran mengatakan matan juru-runding utama Iran Ali Larijani akan berangkat ke Roma pekan ini untuk menyertai pembicaraan dengan seorang wakil Uni Eropa mengenai program nuklir Iran yang kontroversial.

Para pejabat itu mengatakan hari ini Minggu, Larijani dan penggantinya Said Jalili akan bersama-sama mewakili Iran pada pertemuan hari Selasa dengan kepala kebijakan luar negeri uni Eropa, Javier Solana.

Larijani mundur dari jabatan juru-runding utama Iran hari Sabtu, yang resminya dikatakan karena alasan pribadi. Para analis mengatakan dia telah mendesak Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad agar bersikap lebih moderat dalam pembicaraan nuklir dengan Barat.

Menurut mereka, penunjukan Jalili, seorang sekutu Ahmadinejad ke jabatan itu kemungkinan bisa mendorong pendekatan lebih keras Presiden Iran itu dalam isu nuklir tersebut.

Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan penggantian juru-runding tidak akan berpengaruh apa yang disebut sebagai “tujuan yang tidak bisa diubah” dari program nuklir Iran.

XS
SM
MD
LG