Tautan-tautan Akses

Pejabat AS, Rusia Akan Bahas Rencana Pertahanan Misil Eropa di Moskow


Menteri Luar Negeri AS, Condoleezza Rice dan Menteri Pertahanan Robert Gates akan membuka perundingan keamanan strategis di Moskow hari Jumat dengan mitra mereka dari Rusia dalam upaya memperkecil perbedaan seputar rencana misil Amerika di Eropa.

Para Diplomat mengatakan pembicaraan dua hari itu ditujukan untuk mengurangi kekuatiran Rusia mengenai rencana Amerika untuk menggelar penangkal misil dan teknologi pemandu di Polandia dan Republik Chech. Departemen Luar Negeri mengatakan pembicaraan akan juga meliputi pembatasa senjata dan masa depan dari Propinsi Kosovo yang memisahkan diri dari Serbia.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyuarakan perlawanan kuat terhadap rencana peluncuran misil Amerika dengan mengatakan penggelaran tersebut akan mengacam stabilitas regional dan menyebabkan pelombaan senjata baru.

Sebagai gantinya Putin telah mengusulkan berbagi dengan Amerika sebuah area pangkalan radar misil bekas Soviet di Azerbaijan. Rusia juga telah menyuarakan tentangan keras atas usul PBB untuk memberikan kemerdekaan kepada Kosovo.

XS
SM
MD
LG