Tautan-tautan Akses

Putin Peringatkan AS agar Batalkan Rencana Pertahanan Misil di Eropa


Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan Amerika Serikat agar melangkah mundur dari rencananya untuk memasang sistem pertahanan misil di Eropa Timur dan menyatakan bahwa negaranya mungkin akan menarik diri dari perjanjian misil yang penting.

Putin mengatakan kepada Menteri LN Amerika Condoleezza Rice dan Menteri Pertahanan Robert Gates – Rusia mungkin akan mundur dari perjanjian yang membatasi misil jarak sedang, kecuali jika perjanjian itu diperluas guna mencakup negara-negara lain yang memiliki senjara nuklir.

Dia tidak menyebutkan secara spesifik negara-negara lain itu, tetapi menyatakan bahwa perjanjian itu sudah kadalu-warsa karena negara-negara lain mengembangkan jenis senjata yang dicover oleh perjanjian tadi. Presiden Rusia itu berbicara sebelum pertemuan dibalik pintu tertutup antara delegasi Rusia dan Amerika.

Menteri Rice menyatakan harapan, pembicaraan dua hari itu akan memperkecil perbedaan antara kedua negara. Katanya, isu-isu yang mempersatukan kedua negara seperti terorisme dan penyebar-luasan senjara nuklir lebih banyak dari pada isu-isu yang memisahkan Amerika dan Rusia.

Menteri LN Rusia, Sergei Lavrov menyambut gembira apa yang disebutnya usul-usul Amerika mengenai rencana misil dan perjanjian pengurangan senjata. Dia berharap pertemuan akan dapat menjembatani kesenjangan antara kedua negara.

XS
SM
MD
LG