Tautan-tautan Akses

Presiden Musharraf Tarik Diri dari Konferensi Perdamaian di Afghanistan


Presiden Pakistan Pervez Musharraf telah menarik diri dari konferensi perdamaian di Afghanistan yang dirancang untuk mempersatukan para pemimpin lokal dalam perang melawan kaum militan Taliban.

Sebuah pernyataan kementerian luar negeri Pakistan mengatakan Jenderal Musharraf menelpon Presiden Afganistan Hamid Karzai hari Rabu, mengatakan urusan di Islamabad menyebabkan dia tidak dapat menghadiri pertemuan majelis suku itu. Kementerian itu mengatakan Perdana Menteri Shaukat Aziz akan berangkat menggantikan Jenderal Musharraf.

Dutabesar Afganistan untuk Amerika, Said Tayeb Jawad mengatakan Presiden Karzai telah berusaha membujuk Presiden Musharraf untuk mengubah keputusannya.

Amerika Serikat juga mengeluarkan seruan. Para pejabat Amerika mengatakan mereka sedang menghubungi pemerintah Pakistan untuk membicarakan apakah presiden Pakistan itu masih bisa menghadiri separuh konferensi empat-hari tersebut.

Jenderal Musharraf dan Karzai menyepakati konferensi perdamaian itu tahun lalu pada pertemuan di Gedung Putih yang di-tuanrumahi Presiden Bush.

XS
SM
MD
LG