Tautan-tautan Akses

Isyarat Presiden China: Lebih Banyak Panda akan Tiba di AS


FILE - Panda raksasa Xiao Qi Ji bermain di kandangnya di Kebun Binatang Nasional Smithsonian, Washington, 28 September 2023. (AP/Jose Luis Magana)
FILE - Panda raksasa Xiao Qi Ji bermain di kandangnya di Kebun Binatang Nasional Smithsonian, Washington, 28 September 2023. (AP/Jose Luis Magana)

Presiden China Xi Jinping memberikan isyarat bahwa China akan mengirim panda baru ke Amerika Serikat. Xi menyebut panda sebagai “utusan persahabatan” antara masyarakat China dan Amerika. Dalam pidatonya di hadapan para pemimpin dunia usaha pada hari Rabu (15/11), Xi mengatakan, China siap melanjutkan kerja samanya dengan AS dalam pelestarian panda.

Komentar tersebut muncul ketika Xi dan Presiden Joe Biden mengadakan pertemuan tatap muka pertama mereka dalam setahun dan berjanji untuk berusaha mengurangi ketegangan. Xi tidak memberikan rincian kapan dan di mana panda akan diberikan. Hanya ada empat ekor panda yang tersisa di Amerika yaitu di Kebun Binatang Atlanta.

“Saya diberitahu bahwa banyak orang Amerika, terutama anak-anak, sangat enggan untuk berpisah dan pergi ke kebun binatang untuk mengucapkan selemat jalan,” kata Xi dalam pidatonya. Ia menambahkan, ia mengetahui bahwa Kebun Binatang San Diego dan masyarakat di California "sangat menantikan datangnya panda kembali."

Xi berada di California untuk menghadiri KTT para pemimpin Indo-Pasifik, APEC dan bertemu dengan Biden. Ketika hubungan bilateral mulai memburuk dalam beberapa tahun terakhir, China mulai menuntut dipulangkannya panda-panda besar. Tuduhan bahwa kebun binatang AS menganiaya panda, yang dikenal sebagai “harta nasional” China, membanjiri media sosial China. Tuduhan itu belum terbukti.

Namun hubungan menunjukkan tanda-tanda stabil ketika Xi melakukan perjalanan ke San Francisco untuk bertemu dengan Biden. [ps/lt]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG