Zimbabwe Lantik Presiden Robert Mugabe

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe memegang kitab suci saat dilantik kembali menjadi Presiden untuk masa jabatan berikutnya di Harare, 22 Agustus 2013.

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dilantik untuk masa jabatan berikutnya, memperpanjang lima tahun masa kekuasaannya yang telah berlangsung 33 tahun.
Upacara pelantikan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe (89 tahun) hari Kamis (22/8) sempat ditunda karena Morgan Tsvangirai, saingannya dari Partai MDC, menolak hasil Pemilu.

MDC mengatakan Pemilu tanggal 31 Juli telah dicurangi. Namun, Mahkamah Konstitusi menolak gugatan kelompok oposisi tersebut hari Selasa (20/8).

Perdana Menteri Morgan Tsvangirai yang akan habis masa jabatannya menyatakan tidak berencana menghadiri pelantikan tersebut. Juru bicara Tsvangirai – Luke Tamborinyoka – mengatakan Pemilu telah “dicurangi” dan perdana menteri tidak bisa menghadiri acara yang diselenggarakan “perampok.”

Mugabe memerintah Zimbabwe sejak negara itu merdeka tahun 1980.

Partainya ZANU-PF dan MDC sebelumnya merupakan partai utama dalam pemerintahan koalisi yang dibentuk dibawah desakan Komunitas Pembangunan Afrika Selatan – SADC setelah Pemilu yang diperselisihkan dan menimbulkan kekerasan tahun 2008.