Warga China Peringati Tragedi Tiananmen

Seorang anak memegang bendera nasional China di depan potret mantan pemimpin Mao Zedong di Alun-Alun Tiananmen di Beijing (4/6) dalam peringatan 24 tahun pembantaian demonstran pro-demokrasi.

Polisi menjaga Alun-Alun Tiananmen di Beijing (4/6). (Reuters/Petar Kujundzic)

Seorang petugas keamanan memeriksa kartu identitas pengunjung di Alun-Alun Tiananmen di Beijing (4/6) dalam peringatan penumpasan militer terhadap gerakan pro-demokrasi di tempat tersebut. (Reuters/Kim Kyung-Hoon)

Pengunjung melewati polisi dan paramiliter berpakaian preman saat memasuki Alun-Alun Tiananmen di Beijing (4/6) untuk memperingati 24 tahun penumpasan berdarah militer terhadap demonstran pro-demokrasi di Beijing. (AP/Andy Wong)

Puluhan ribu orang berpartisipasi dalam upacara peringatan tragedi Tiananmen di Victoria Park, Hong Kong (4/6). (Reuters/Tyrone Siu) 

Warga menyalakan lilin dalam upacara peringatan tragedi Tiananmen di Victoria Park, Hong Kong (4/6). (Reuters/Tyrone Siu) 

Seorang pria memegang lilin di depan replika Dewi Demokrasi di Victoria Park, Hong Kong (4/6), dalam peringatan 24 tahun tragedi Tiananmen. (AP/Vincent Yu)

Puluhan ribu orang berpartisipasi dalam upacara peringatan tragedi Tiananmen di Victoria Park, Hong Kong (4/6). (AP/Vincent Yu) 

Puluhan ribu orang berpartisipasi dalam upacara peringatan tragedi Tiananmen di Victoria Park, Hong Kong (4/6). (AP/Kin Cheung)

Mahasiswa demonstran dalam protes pro-demokrasi pada 4 Juni 1989.

Jenazah-jenazah yang bergelimpangan di antara sepeda dekat Alun-Alun Tiananmen di Beijing pada 4 Juni 1989. (Foto: Dok)

Tank-tank militer China pada 5 Juni 1989.