Utusan Nuklir AS Serukan Korut Lanjutkan Kembali Hubungan Bilateral

Utusan Nuklir Amerika Serikat Stephen Biegun saat berpidato di Asan Institute for Policy Studies di Seoul, 10 Desember 2020. (Jung Yeon-je /Pool Photo via AP)

Utusan Nuklir Amerika Serikat Stephen Biegun, Kamis (10/12), meminta Korea Utara melanjutkan kembali diplomasi dengan AS dalam upaya mewujudkan hubungan bilateral. Hal itu disampaikan Biegun saat berpidato di Seoul, Korea Selatan.

“Saat kita memandang ke depan, saya tetap yakin bahwa diplomasi tetap merupakan jalan terbaik, bahkan satu-satunya jalan, untuk menyelesaikan masalah di Semenanjung Korea. Pyongyang akan melangsungkan sejumlah kegiatan penting, khususnya Kongres Partai ke-8 Januari mendatang. Kami sangat mendorong Korea Utara untuk menggunakan waktu antara sekarang dan nanti untuk menetapkan jalan bagi dimulainya kembali diplomasi,” kata Biegun.

Ia juga mengatakan, “Kami berharap Korea Utara dan Amerika Serikat pada akhirnya dapat terlibat dalam diplomasi serius yang membutuhkan keterlibatan berkelanjutan dan kerja sama yang sulit, tetapi memiliki imbalan yang sangat besar. Sudah waktunya bagi kedua negara untuk bergerak maju. "

Biegun juga menyatakan dukungannya untuk memajukan kerja sama dan perdagangan antar-Korea untuk membangun kepercayaan dan kemitraan di Semenanjung Korea.

“Kami juga terus menyambut kerja sama antar-Korea yang saling menguntungkan sebagai sarana penting untuk menumbuhkan kepercayaan dan membangun kerja sama di Semenanjung Korea. Pertukaran orang-ke-orang di bidang pendidikan, musik, budaya, dan olahraga akan juga bermanfaat bagi kami semua," kata Biegun.

Biegun mengunjungi Seoul untuk perjalanan empat hari hingga Jumat untuk bertemu dengan para pejabat senior Korea Selatan. Kunjungan Biegun kali ini merupakan kunjungan terakhir kalinya di bawah pemerintahan Presiden AS Donald Trump. [ab/uh]