Trump Tunda Pengumuman Pasangan Cawapres

Gubernur Indiana, Mike Pence, bersama kandidat presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump, dalam sebuah kampanye di Westfield, Indiana (12/7). (AP/Michael Conroy)

Media Amerika melaporkan bahwa Trump akan mengumumkan Gubernur Indiana Mike Pence sebagai pasangannya.

Kandidat presiden AS dari Partai Republik Donald Trump mengatakan, dia menunda pengumuman pasangan calon wakil presidennya, yang semula dijadwalkan akan dilakukan Jumat (15/7).

Trump menulis di Twitter Kamis sore bahwa dia menunda pengumuman calon wapres karena serangan di Nice, Perancis selatan pada Kamis, yang merenggut nyawa puluhan orang. Dia mengatakan serangan itu “mengerikan.”

Hari Kamis, media Amerika melaporkan bahwa Trump akan mengumumkan Gubernur Indiana Mike Pence sebagai pasangannya.

Milyarder pengembang real estat ini, yang belum pernah menduduki jabatan publik, juga mempertimbangkan mantan Ketua DPR Newt Gingrich, dan Gubernur New Jersey Chris Christie.

Paul Manafort, kepala kampanye Trump, menghendaki Pence, menurut laporan US News and World Report. Sumber-sumber dari dalam kampanye Trump mengatakan kepada majalah itu, mantan anggota Kongres itu dinilai andal dan dihormati, tetapi “seseorang yang bisa mereka kendalikan.”

Pence lebih dari satu dekade duduk di Kongres sebelum menjabat sebagai Gubernur Indiana pada 2013. Dia dikenal sebagai beraliran konservatif sosial, serta dekat dengan gerakan Tea Party. [jm]