Tiongkok dan Vietnam Tanda-Tangani Perjanjian Damai Laut Cina Selatan

Presiden Tiongkok Hu Jintao (kiri) dan Sekjen Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong berjalan melintasi pasukan kehormatan di 'the Great Hall of People', Beijing (11/10).

Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Zhang Zhijun dan wakil menteri luar negeri Vietnam Ho Xuan Son menandatangani perjanjian damai sengketa maritim di Laut Cina Selatan.

Tiongkok dan Vietnam telah menanda-tangani perjanjian mengenai penyelesaian damai sengketa maritim di Laut Cina Selatan.

Persetujuan itu ditanda-tangani hari Selasa di Beijing oleh Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Zhang Zhijun dan wakil menteri luar negeri Vietnam Ho Xuan Son. Berdasarkan persetujuan enam pasal itu, kedua negara bertetangga itu akan mengusahakan penanganan sengketa maritim melalui perundingan dan perembukan bersahabat.

Kedua diplomat menanda-tangani persetujuan itu setelah pembicaraan antara ketua Partai Komunis yang berkunjung Nguyen Phu Trong dan Presiden Tiongkok yang juga pemimpin Partai Komunis Tiongkok Hu Jintao. Trong berada di Tiongkok untuk melakukan kunjungan resmi lima hari.

Kedua pihak setuju membuka komunikasi langsung untuk menanggulangi kemungkinan timbulnya insiden di Laut China Selatan dan mempertemukan perunding perbatasan secara teratur dua kali setahun.