Tingkat Pengangguran AS Turun Jadi 3,9 Persen, Terendah Sejak 2000

Para pencari kerja AS menghadiri bursa lowongan kerja di Los Angeles, California (foto: ilustrasi).

Presiden Trump senang dengan tingkat pengangguran Amerika yang hanya 3,9 persen hari Jumat (4/5), menyusul rilis beberapa angka dari Biro Statistik Tenaga Kerja. Tetapi beberapa kalangan berpendapat, ini tidak mewakili keseluruhan ekonomi Amerika.

Pada Jumat indeks saham dibuka lebih rendah menyusul pertumbuhan lapangan pekerjaan dan gaji yang lebih rendah pada bulan April dari perkiraan semula.

Tetapi, tingkat pengangguran Amerika jatuh ke 3,9 persen, demikian laporan Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika yang terbaru.

Ini merupakan tingkat pengangguran terendah di Amerika sejak Desember 2000. Kata Presiden Trump kinerja pasar saham sangat bagus dan akan ada beberapa kesepakatan perdagangan luar biasa yang akan diumumkan.

Harley Lippman, CEO dari Genesis 10 mengatakan, ekonomi sangat bergairah dan bisnis merekrut tenaga kerja. Mereka perlu mengisi pekerjaan, dan ada kekurangan, jadi ini merupakan berita positif. Angka pengangguran mencerminkan hal ini.

Beberapa pakar lain mengungkapkan keprihatinan dengan laporan terbaru ini.

Mark Hamrick, analis ekonomi senior dari Bankrate.com, mengatakan, “Pada akhirnya, aspek paling mengecewakan dari laporan ini adalah kurangnya gaji yang bagus. Statistik untuk ini adalah pendapatan per jam rata-rata yang hanya naik 2,6 persen dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun itu angka yang positif tetapi lajunya tidak cukup tinggi dan tidak konsisten dengan perluasan ekonomi pada masa lalu. Jadi disatu pihak, kita tidak menyaksikan inflasi gaji yang cukup besar. Itu positif dari sudut pandang Fed, tetapi untuk pekerja yang mengharapkan gaji yang lebih besar selama dekade ini, itu merupakan kekecewaan yang besar.”

Dia menambahkan, pengikisan partisipasi dalam pasar tenaga kerja mencerminkan bahwa lebih sedikit orang bekerja atau mencari pekerjaan, dan ini membalikkan kecenderungan positif yang kita amati tahun lalu.

Laporan itu mencatat, ekonomi Amerika menambah 164 ribu lapangan pekerjaan pada April, meskipun beberapa pakar tadinya meramalkan kenaikan itu lebih mendekati 200 ribu lapangan pekerjaan. [sp/jm]