Shanahan Diperkirakan Akan Minta Lebih Banyak Tentara di Perbatasan

ARSIP - Anggota marinir tampak berpatroli dalam masa pendirian tembok perbatasan antara san Diego dengan Tijuana, Meksiko, dekat Pelabuhan San Ysidro, 9 November 2018 (foto: AP Photo/Gregory Bull)

Pejabat sementara menteri pertahanan AS mengatakan ia memperkirakan akan ada permintaan bantuan militer lainnya di perbatasan AS-Meksiko.

Di Pentagon Rabu, Patrick Shanahan mengatakan, "Sementara situasi di sana memburuk, permintaan kepada kami cukup fleksibel. Jadi saya memperkirakan tidak lama lagi akan ada permintaan bantuan." Shanahan juga berjanji untuk bekerja sama dengan Pejabat sementara Menteri Keamanan Dalam Negeri Kevin McAleenan.

Pimpinan Pentagon itu juga mengatakan mengerahkan dana untuk perluasan tembok perbatasan "tetap menjadi prioritas dan fokus utama departemen." Shanahan mengatakan demikian setelah Korps Insinyur dalam sebuah pernyataan Rabu mengatakan bahwa tembok sepanjang 74 kilometer akan dipasang di dekat Columbus, New Mexico, dan sepanjang 18 kilometer akan dipasang di dekat Yuma, Arizona.

Shanahan berbicara ketika ia menyambut Menteri Pertahanan Austria Mario Kunasek.

Ia juga mengatakan kepada wartawan bahwa ia dijadwalkan untuk memberikan kesaksian kepada Komite Layanan Bersenjata Senat pada hari Kamis mengenai Angkatan Antariksa yang diusulkan. [my]