Serangan Udara AS Tewaskan Komandan Al-Shabab di Somalia

Seorang anak laki-laki bersenjata bersama para pejuang al-Shabab dalam latihan militer di Suqaholaha, Somalia. (Foto: Dok)

Serangan terjadi di daerah yang telah mengalami peningkatan konfrontasi antara pasukan Somalia dan pasukan didukung oleh personel Amerika.

Serangan udara Amerika di dekat desa Kanjaron hari Senin (26/9) menewaskan empat militan al-Shabab termasuk seorang mantan komandan, menurut sumber militer kepada VOA.

Sumber-sumber militer Somalia mengidentifikasi mantan komandan itu sebagai Bashir Dhere, seorang mantan komandan wakil milisi al-Shabab di wilayah Jubba.

Sumber-sumber mengatakan ia baru-baru ini bertugas di daerah yang dikuasai al-Shabab di barat Kismayo, meskipun tidak jelas posisinya dalam jaringan teror itu.

Dalam sebuah pernyataan, Pusat Komando Militer Amerika untuk Afrika (AFRICOM) mengatakan keempat orang itu tewas dalam serangan udara 'bela diri' setelah ekstremis menyerang pasukan Somalia dan penasihat Amerika di luar pelabuhan Kismayo.

Serangan terjadi di daerah yang telah mengalami peningkatan konfrontasi antara pasukan Somalia dan pasukan didukung oleh personel Amerika.

AFRICOM menegaskan peran Amerika hanya sebagai penasihat.

Operasi baru di daerah itu tampaknya merupakan usaha untuk memberi Somalia pengalaman praktis yang nyata dalam menjalankan dan berjuang dalam operasi komando melawan pasukan militan, kata sumber-sumber militer. [sp/isa]