Sekjen PBB Kunjungi Kongo Timur Pasca Bentrokan

Pasukan penjaga perdamaian PBB mengawal Sekjen PBB Ban Ki-moon (tengah) dan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dalam kunjungan ke Goma (23/5).

Kelompok pemberontak M23 telah mengumumkan gencatan senjata sementara sebelum Sekjen PBB Ban Ki-moon tiba di Goma, yang sedang dikoyak perang.
Sekjen PBB Ban Ki-moon mengunjungi bagian Timur Republik Demokratik Kongo, Kamis, beberapa jam setelah pertempuran antara pemberontak dan pasukan pemerintah berhenti.

Kelompok pemberontak M23 telah mengumumkan gencatan senjata sementara sebelum Ban tiba di Goma, ibukota propinsi North Kivu yang dikoyak perang.

Pemerintah Kongo mengatakan, 19 orang tewas dalam tiga hari pertempuran antara militer dan M23 di bagian Utara kota itu.

Sekjen PBB itu sedang dalam lawatan regional untuk mempromosikan perdamaian dan pembangunan di bagian timur DRC, di mana kerusuhan kronis yang telah berlangsung bertahun-tahun mengakibatkan dua juta orang terpaksa mengungsi.

Seorang reporter VOA mengatakan, Ban bertemu dengan gubernur setempat dan mengunjungi rumah sakit yang merawat korban kekerasan seksual. Perhentian berikutnya adalah Rwanda, yang dituding para pakar PBB mendukung M23 – tuduhan yang dibantah Rwanda.