Sekjen PBB Kunjungi Kawasan Banjir Pakistan, Desak Donor Percepat Bantuan

Ban Ki-moon mendesak para donor internasional agar mempercepat bantuan bagi jutaan korban banjir. Saat ini PBB baru menerima 20 persen bantuan yang dijanjikan.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengunjungi Pakistan yang dilanda banjir. Di lokasi bencana, ia mendesak para donor internasional agar mempercepat bantuan bagi jutaan korban banjir.

Ban bertemu Perdana Menteri Yousuf Raza Gilani dan Presiden Asif Ali Zardari pada hari Minggu, sebelum menuju wilayah-wilayah yang dilanda banjir.

Ban mengatakan ia akan menyampaikan laporan dalam sidang Majelis Umum PBB hari Kamis guna membahas kebutuhan Pakistan. PBB menyatakan telah menerima 20 persen dari 460 juta dolar bantuan darurat yang dimintanya.

Pihak berwenang mengatakan banjir telah menewaskan sekitar 1.600 orang. Perdana Menteri Gilani mengatakan sekitar 20 juta orang menderita akibat banjir yang diakibatkan musim hujan. Menurut para petugas bantuan, enam juta orang masih membutuhkan bantuan pangan, tempat tinggal, air bersih dan obat.

Para pejabat PBB telah mengukuhkan kasus pertama kolera di Mingora, di distrik Swat, Pakistan barat laut. Diduga masih ada lagi sejumlah penderita penyakit mematikan ini. Para petugas bantuan juga merawat ribuan orang penderita diare akut.