Ratusan Siswa India Ketahuan Curang Dalam Ujian

Sejumlah warga memanjat dinding bangunan untuk membantu para siswa menempuh ujian di Hajipur, negara bagian Bihar, India, 18 Maret 2015 (AP Photo/Press Trust of India, File).

Sejumlah orang tua mengungkapkan, para pelajar itu tidak siap untuk menempuh ujian karena sekolah-sekolah tidak memiliki guru-guru yang berkualitas.

Lebih dari 500 siswa di negara bagian miskin di India telah tertangkap berlaku curang dalam ujian akhir sekolah-sekolah negeri, dan dikeluarkan dari sekolah tersebut.

Foto-foto dan video orang memanjat tembok luar sebuah aula ujian di negara bagian Bihar untuk memberikan lembaran-lembaran jawaban kepada peserta ujian, telah muncul di berbagai media.

Kantor berita Reuters melaporkan sebagian lembaran itu dilipat dalam bentuk-bentuk pesawat terbang dan diluncurkan ke ruang-ruang ujian. Menteri pendidikan Bihar, Prashant Kumar Shahi, menyalahkan orang-orangtua siswa itu.

"Katakanlah, apa yang dapat dilakukan pemerintah untuk menghentikan kecurangan ini, jika para orangtua dan sanak-keluarga tidak bersedia bekerjasama," ujar Shahi.

Lebih dari satu juta siswa menempuh ujian minggu ini. Sejumlah orang tua mengungkapkan, para pelajar itu tidak siap untuk menempuh ujian karena sekolah-sekolah tidak memiliki guru-guru yang berkualitas.

Para orang tua juga menyalahkan pemerintah karena gagal menyediakan fasilitas yang memadai untuk menempuh ujian tersebut. Ujian-ujian itu dipandang banyak kalangan sebagai peristiwa penting, yang mengubah kehidupan pelajar yang selama ini hidup dalam kemiskinan.