Presiden Kongo Kecam Pembunuhan Dubes Italia

Presiden Republik Demokratik Kongo (DRC) Felix Tshisekedi mengutuk serangan maut di di dekat Goma di provinsi Kivu Utara, yang menewaskan Dubes Italia, Luca Attanasio. (Foto: Twitter/Présidence RDC)

Presiden Republik Demokratik Kongo (DRC) Felix Tshisekedi mendesak biro investigasi negara itu untuk mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan duta besar Italia, Luca Attanasio, dan dua lainnya dalam serangan terhadap konvoi Program Pangan Dunia PBB (WFP) di negara tersebut.

Senin malam, Tshisekedi mengutuk serangan maut beberapa jam sebelumnya di dekat Goma di provinsi Kivu Utara, dan mengatakan mereka yang terlibat harus diseret ke muka hukum.

Associated Press melaporkan televisi pemerintah Italia, Senin malam (22/2) menyebutkan konvoi kendaraan duta besar menjadi target satu kelompok yang ingin menculik untuk meminta uang tebusan, tetapi sumber-sumber laporan tersebut tidak diungkapkan.

BACA JUGA: Dubes Italia Untuk Kongo Tewas dalam Penyergapan

Beberapa kelompok milisi memiliki riwayat menyerang warga sipil di daerah-daerah terpencil di DRC, tetapi sejauh ini, tidak satu kelompok pun yang mengaku bertanggung jawab atas penyerangan terbaru, yang mengundang kecaman internasional.

Di Italia, bendera nasional diturunkan setengah tiang di gedung-gedung pemerintah untuk mengenang Duta Besar Attanasio dan polisi Italia Vittorio Iacovacci. [uh/ab]