Presiden Afghanistan Desak Taliban agar Hentikan Kekerasan

Presiden Afghanistan Hamid Karzai (foto: dok) meminta pemberontak Taliban untuk bergabung dalam usaha-usaha perdamaian dan berdamai dengan pemerintah.

Karzai mendesak Taliban menghentikan kekerasan, menggunakan hari raya Idul Adha untuk mengeluarkan seruan akan perdamaian.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai mendesak pemberontak Taliban agar menghentikan kekerasan, menggunakan momen hari raya Idul Adha untuk mengeluarkan seruan akan perdamaian.

Pada hari Selasa, Karzai meminta kepada orang-orang sebangsa yang ia sebut sebagai “tidak puas,” agar bergabung dalam usaha-usaha perdamaian dan berdamai dengan pemerintah.

Seruan presiden itu muncul sehari setelah pemimpin Taliban Afghanistan Mullah Omar menyangkal laporan bahwa kelompoknya sedang menegosiasikan persetujuan perdamaian dengan pemerintah Afghanistan.

Omar menyebut laporan-laporan itu sebagai “propaganda tak berdasar” yang dirancang untuk menutup-nutupi apa yang disebutnya kegagalan pasukan yang dipimpin Amerika di Afghanistan.

Karzai berjanji untuk mengusahakan rekonsiliasi dengan pemberontak yang dipimpin Taliban melalui Dewan Perdamaian yang didukung pemerintah. Namun, tidak jelas apakah pembicaraan telah diadakan oleh dewan tersebut.