Polisi Tidak Temukan Bukti Pilot Belokkan Arah Penerbangan

Gambar pilot pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang, Zaharie Ahmad Shah, terlihat di halaman depan koran yang dijual di Dengkil, dekat bandar a international Kuala Lumpur, Malaysia (17/3).

Pihak berwenang sedang berupaya mempelajari kemungkinan pilot Zaharie Ahmad Shah telah berlatih dengan simulator mengenai cara mematikan transponder dan peralatan lain sebelum terbang dari Kuala Lumpur.
Para pejabat penegak hukum Amerika mengatakan para polisi yang menyelidiki simulator penerbangan di rumah dan email kedua pilot pesawat penumpang Malaysia Airlines yang hilang tidak menemukan bukti bahwa salah seorang pilot itu dengan sengaja membelokkan penerbangan dari tujuan.

Kedua pejabat penegak hukum Amerika itu berbicara hari Selasa (18/3) setelah mendapat keterangan dari pihak berwenang Malaysia yang memimpin 26 negara dalam upaya pencarian pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan 370.

Pesawat itu, yang sedang dalam penerbangan menuju Beijing dengan 239 orang di dalamnya, hilang di angkasa Asia Tenggara tanggal 8 Maret, memicu operasi pencarian paling besar dalam sejarah penerbangan.

Seorang dari pejabat Amerika itu mengatakan pihak berwenang sedang berusaha mempelajari apakah pilot Zaharie Ahmad Shah mungkin telah berlatih dengan simulator itu mengenai cara mematikan transponder dan peralatan lain sebelum terbang dari Kuala Lumpur. Para penyelidik juga berusaha mempelajari apakah ia pernah berlatih untuk mengemudikan pesawat menjauhi tujuan yang dijadwalkan.

Pejabat tersebut, yang dikutip oleh Los Angeles Times, juga mengemukakan ko-pilot Malaysia Airlines itu sedang melakukan persiapan untuk menikah di kampung halamannya.