Pilot, Awak Pesawat Korean Air Protes Keluarga Pendiri Maskapai

Pilot, awak kabin, karyawan Korean Air Lines Co. lainnya serta warga mengenakan topeng dan meneriakkan slogan salam aksi unjuk rasa di Seoul, Korea Selatan, Jumat, 4 Mei 2018.

Ratusan pilot, awak kabin dan pekerja lain Korean Air Lines Co. telah melancarkan unjuk rasa dan menyatakan mereka tidak lagi dapat menerima pelecehan dari keluarga pendiri perusahaan tersebut.

Seraya menyembunyikan wajah mereka dengan masker untuk menyamarkan identitas mereka, mereka menyerukan slogan-slogan menentang keluarga Cho pada Jumat malam (4/5) di Seoul.

Salah seorang pengunjuk rasa adalah Park Chang-jin. Ia adalah awak kabin yang dipaksa keluar dari pesawat Korean Air di Bandara Internasional John F Kennedy pada tahun 2014, sewaktu anak perempuan pemimpin Korean Air mengamuk terkait cara penyajian kacang kepadanya.

Pihak berwenang mulai menyelidiki berbagai tuduhan yang dilontarkan terhadap keluarga Cho Yang-ho, sang ketua, termasuk di antaranya penyelundupan dan penghindaran pajak.

Seorang lagi anak perempuan Cho juga sedang diselidiki karena dituduh melemparkan air minum ke para pegawai sebuah biro iklan, tuduhan yang disangkalnya. [uh]