Thailand Pacu Produksi Otomotif untuk Pasar Asia Tenggara

Sekitar 2,5 juta mobil dan truk akan diproduksi di Thailand sampai akhir 2013. (VOA/Steve L. Herman)

Robot membantu pembuatan mobil di pabrik Honda. (VOA/Steve L. Herman)

Ekspansi produksi otomotif di Thailand bisa terkendala oleh kurangnya tenaga kerja. Namun perempuan merupakan elemen vital tenaga kerja, mencakup hampir sepertiga dari semua pekerja di beberapa pabrik. (VOA/Steve L. Herman)

Lightning can be seen as a large storm front crosses over the Sydney, Australia, suburb of Wakehurst. A severe thunderstorm hit parts of Sydney Friday afternoon and damaged more than 100 properties.

Honda merupakan salah satu dari produsen otomotif di Thailand yang bekerja keras merebut pangsa pasar domestik yang lebih besar dari Toyota yang dominan. Toyota pada beberapa tahun terakhir telah menjual hampir satu dari tiga kendaraan yang terjual di Thailand. (VOA/Steve L. Herman)

Seorang pekerja mengelas badan mobil di pabrik GM di Thailand. (VOA/Steve L. Herman)

Pabrik-pabrik otomotif di Thailand mempekerjakan sekitar 400.000 orang. Para pekerja di kantin pabrik Ford terlihat menikmati makan siang gratis. (VOA/Steve L. Herman)

Uji mesin mobil di pabrik GM Duramax di Thailand. (VOA/Steve L. Herman)

Beberapa produsen otomotif membuat sendiri mesin-mesin mereka di Thailand, sementara yang lainnya mengimpor. Mesin Ford ini dibuat di India. (VOA/Steve L. Herman)

Para produsen otomotif mengatakan meski mereka ingin mobil-mobil yang diproduksi di Thailand memenuhi standar global, rancangannya harus dimodifikasi untuk memenuhi kriteria jalanan dan kebiasaan berkendara di Asia Tenggara. (VOA/Steve L. Herman)