Pembicaraan Iklim Macet Karena Isu Keuangan dan Pengurangan Karbon

Delegasi dari lebih dari 190 negara menghadiri sesi penutupan Konferensi Perubahan Iklim PBB ke-19 (COP19) di Warsawa (22/11).

Delegasi dari lebih dari 190 negara berdebat mengenai target penjatahan pengurangan emisi karbon dan pendanaan untuk negara-negara yang rentan iklim, Sabtu (23/11).
Perundingan iklim di Warsawa diperpanjang satu hari tanpa harapan bahwa persetujuan akan tercapai antara negara-negara maju dan berkembang dalam Konferensi Perubahan Iklim PBB.

Setelah perundingan dua pekan, delegasi dari lebih dari 190 negara hari Sabtu (23/11) berdebat mengenai target penjatahan pengurangan emisi karbon antara negara kaya dan miskin, dan mengenai pendanaan untuk negara-negara yang rentan iklim.

Negara berkembang seperti China dan India berkeras bahwa negara-negara kaya mengejar target yang lebih ketat. Negara-negara miskin juga ingin negara-negara kaya menambah bantuan untuk membantu negara-negara yang mengalami bencana terkait iklim yang menurut mereka diperparah oleh perubahan iklim.

Persetujuan perlu dicapai dalam dua tahun sebelum perjanjian dapat ditandatangani di Paris, dan mulai berlaku tahun 2020.