PBB: Teroris di Nigeria Harus Diseret ke Pengadilan

Suasana sidang Dewan Keamanan PBB (Foto: dok).

Dewan Keamanan PBB menegaskan kemarahannya atas penculikan 276 pelajar putri tanggal 14 April dan delapan remaja putri tanggal 5 Mei oleh Boko Haram, dan menuntut pembebasan segera semuanya tanpa syarat.
Dewan Keamanan PBB hari Jumat (9/5) menyebut kelompok teroris Boko Haram di Nigeria bertanggungjawab terhadap yang mungkin adalah kejahatan terhadap kemanusiaan dan membayangkan kemungkinan kelompok itu dihukum.

Pernyataan yang disepakati ke-15 anggota Dewan adalah yang terkeras yang pernah dikeluarkan Dewan mengenai serangan teroris di Nigeria.

Dewan menegaskan kemarahannya atas penculikan 276 pelajar putri tanggal 14 April dan delapan remaja putri tanggal 5 Mei oleh Boko Haram, dan menuntut pembebasan segera semuanya tanpa syarat. Dewan juga mengutuk keras serangan teroris tanggal 5 Mei yang menyebabkan ratusan tewas dan luka-luka.

Seterusnya Dewan Keamanan mengatakan serangan yang dilakukan Boko Haram sejak tahun 2009 telah menimbulkan korban jiwa dalam skala besar dan mengancam stabilitas serta perdamaian di Afrika bagian barat dan tengah.