Para Pemimpin Uni Eropa Beda Pendapat Soal Pemulihan Pascapandemi

KTT Uni Eropa di Brussels, 17 Juli 2020. (Foto: FRANCOIS LENOIR / POOL / AFP)

Para pemimpin Uni Eropa, Jumat (17/7) mengadakan KTT tatap muka pertama mereka dalam lima bulan. Tetapi pertemuan ini tampaknya tidak dapat menjembatani perbedaan pendapat mereka mengenai rencana penyelamatan ekonomi pascapandemi virus corona.

Kanselir Jerman Angela Merkel berulang tahun ke-66 pada hari ia dan ke-26 rekannya kembali berkumpul di Brussels, untuk menguji apakah perundingan dengan kehadiran langsung mereka dapat menjawab masalah paket bernilai 750 miliar euro itu.

PM Portugis Antonio Costa (kiri) memberikan hadiah kepada Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan) yang berulang tahun, sebelum dimulainya KTT Dewan Uni Eropa di Brussels, 17 Juli 2020.

Uni Eropa telah terjerumus ke dalam krisis ekonomi akibat krisis virus corona, dan para pejabat Uni Eropa telah menyusun beberapa rencana mengenai paket stimulus besar yang akan membawa negara mereka keluar dari situasi lockdown seperti sekarang ini.

Tetapi sekelompok negara di bagian utara Eropa, yang dipimpin PM Belanda Mark Rutte, tidak mendukung penyaluran bantuan tunai untuk negara-negara di bagian selatan bila tidak disertai persyaratan ketat.

Pembicaraan hari Jumat (17/7) ini diperkirakan akan berlangsung hingga Sabtu dan bahkan Minggu, tetapi sedikit saja yang meyakini akan tercapainya suatu terobosan dalam pertemuan itu, sehingga pertemuan puncak lainnya mungkin akan menyusul pada akhir bulan ini. [uh/ab]