Pakar Hukum Terkemuka Yahudi Meninggal di Usia 102 Tahun

Warga Yahudi Ultra-Orthodox mengangkat jenazah Rabbi Yosef Shalom Elyashiv menuju sinagog sebelum dimakamkan di wilayah Mea Shearim, Yerusalem (18/7).

Ribuan orang turun ke jalanan kota Yerusalem, Rabu (18/7), untuk menghadiri pemakaman pakar tertinggi hukum Yahudi, Yosef Shalom Elyashiv.
Rabbi Israel, Yosef Shalom Elyashiv meninggal dunia hari Rabu (18/7) karena gagal jantung di usia 102 tahun.

Rabbi Elyashiv meninggal dunia di usia 102 tahun (18/7).

Rabbi Elyashiv kelahiran Lithuania, datang ke wilayah yang sekarang dikenal dengan nama Israel, ketika masih anak-anak. Setelah pensiun dari pengadilan agama Yahudi, Elyasif membaktikan kehidupannya untuk mengkaji buku hukum adat Yahudi yang dinamakan Talmud.

Yosef Shalom Elyashiv menjadi pakar terkemuka hukum Yahudi. Ratusan orang antre berjam-jam di luar apartemennya yang kecil di Yerusalem untuk memperoleh nasehat atau hanya untuk bersama rabbi itu sebentar. Ia juga memimpin partai ultra-Orthodox yang kecil dalam parlemen Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan negara telah kehilangan seorang pakar yang tidak ada tandingannya dan meninggalkan kesan yang mendalam pada rakyat Israel.