Olimpiade Pertama di Amerika Selatan Berakhir

Bendera Jepang dibentuk dalam upacara di Stadion Maracana pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brazil (21/8). (AP/Charlie Riedel)

Ribuan penonton bertahan di tengah angin kencang dan hujan sporadis untuk menonton upacara penutupan di Stadion Maracana yang ikonik.

Tuan rumah Brazil dan dunia mengucapkan selamat tinggal hari Minggu (21/8) kepada Olimpiade pertama yang diselenggarakan di Amerika Selatan, sebuah tontonan selama 16 hari yang menggabungkan banyak momen indah dengan episode yang buruk dan bahkan ganjil yang terkadang menutupi kompetisi.

Ribuan penonton bertahan di tengah terpaan angin kencang dan hujan sporadis untuk menonton upacara penutupan di Stadion Maracana yang ikonik. Penutupan tersebut merupakan kesempatan terakhir untuk berpesta sekaligus sebagai transisi untuk Olimpiade Musim Panas 2020 yang akan diselenggarakan di Jepang.

Hari terakhir Olimpiade menampilkan 12 pertandingan untuk memperebutkan medali emas, termasuk bola basket putra.

Tim AS dengan mudah meraih emas dalam pertandingan melawan Serbia, dengan angka 96-66. Ini merupakan medali emas ketiga berturut-turut untuk tim tersebut.

Atlet bola basket AS Kevin Durant merayakan diraihnya medali emas oleh timnya dalam Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brazil (21/8).

Dalam kompetisi lainnya, Eliud Kipchoge dari Kenya mendapat medali emas dalam maraton putra, menyelesaikan pertandingan dalam 2 jam, 8 menit, 44 detik, disusul Feyisa Lilesa dari Ethiopia dan Galen Rupp dari AS.

Claressa Shields menjadi petinju Amerika pertama baik putra dan putri yang meraih medali emas dalam dua kompetisi Olimpiade berturut-turut. Dalam keputusan bulan, Shields mengalahkan Nouchka Fontijin dari Belanda untuk mendapatkan gelar dalam kelas menengah. Shields tidak pernah kalah bertanding dalam lebih dari empat tahun terakhir.

Shakhobidin Zoirov dari Uzbekistan mendapatkan medali emas kelas bulu dengan keputusan bulat atas Misa Aloian dari Rusia.

Pemenang medali emas taekwondo putri dalam Olimpiade 2016, dari kiri: Eva Calvo Gomez dari Spanyol, perak; Jade Jones dari Inggris, emas; Kimia Alizadeh Zenoorin dari Iran dan Hedaya Wahba dari Mesir, perunggu.

Juga hari Minggu, Rusia mendapat medali emas dalam senam irama keseluruhan, mengalahkan Spanyol dan juara tiga Bulgaria.

Soslan Ramonov dari Rusia meraih medali emas dalam nomor gulat gya bebas putra 65 kilogram dengan mengalahkan Toghrul Asgarov dari Azerbaijan.

Nino Schurter dari Swiss mengalahkan Jaroslav Kulhavy dari Republik Cheko untuk menjuarai balap sepeda gunung.

CEO Komite Olimpiade AS, Scott Blackmun hari Minggu mengatakan peraih medali renang 12 kali Ryan Lochte dan tiga kawan satu timnya, yang memberi laporan palsu soal perampokan di Rio akan menghadapi hukuman disipliner. Blackmun tidak menyebutkan secara spesifik namun ia mengutarakan rasa frustrasi atas perilaku mereka.

"Mereka mengecewakan para atlet. Mereka mengecewakan rakyat Amerika," ujarnya.

Olimpiade 2020 akan diselenggarakan di Tokyo, dan persiapan sudah berlangsung sejak kota itu memenangkan kompetisi tuan rumah pada 2013, mengalahkan Istanbul dan Madrid. Olimpiade Tokyo akan menampilkan lima cabang olahraga yang tidak dilombakan di Rio, yaitu bisbol/sofbol, mendaki, karate, papan selancar dan papan luncur. [hd]