NASA akan Pertahankan Stasiun Antariksa Hingga Tahun 2024

NASA mengatakan akan mempertahankan stasiun antariksa internasional empat tahun lagi, sampai tahun 2024 (foto: dok).

Badan antariksa Amerika NASA mengatakan akan mempertahankan stasiun antariksa internasional (ISS) empat tahun lagi, sampai tahun 2024.
Stasiun antariksa internasional (ISS) sudah beroperasi selama 15 tahun, dan NASA tadinya hanya merencanakan akan mengoperasikan satelit itu sampai tahun 2020.

NASA juga mengatakan hari Rabu bahwa rencana pengiriman pasokan ke stasiun antariksa itu hari Kamis kemungkinan akan ditunda karena adanya topan kuat dipermukaan matahari. Topan itu diperkirakan akan berdampak buruk pada alat-alat komunikasi pesawat yang akan dikirim untuk membawa pasokan.

Kata Orbital Sciences Corporation, yang akan meluncurkan roket itu, topan matahari yang kuat bisa mengganggu peralatan elektronik dalam pesawat tidak berawak itu, khususnya pada saat-saat peluncuran yang kritis.

Jadwal peluncuran masih tetap, yaitu pada hari Kamis malam, tapi keputusan final akan dibuat kemudian. Kata NASA, topan matahari itu tidak akan berdampak buruk pada astronaut-astronaut yang berada dalam stasiun antariksa.