Mitsubishi Pecat CEO Ghosn

Sebuah layar televisi raksasa di jalanan Tokyo, Jepang, menayangkan berita penangkapan pimpinan perusahaan Nissan, Carlos Ghosn, 21 November 2018. (Foto: dok).

Produsen mobil Jepang Mitsubishi telah memecat Carlos Ghosn sebagai ketuanya setelah penangkapannya karena dicurigai gagal melaporkan jutaan dolar pendapatan.

Mitsubishi mengatakan keputusan oleh dewan direksinya itu dibuat secara bulat.

Perusahaan itu merupakan bagian dari aliansi dengan Nissan, yang minggu lalu memecat Ghosn dari posisinya sebagai ketua dengan alasan penyelidikan internal menunjukkan dia tidak melaporkan jumlah pendapatan yang sebenarnya ke Bursa Efek Tokyo, yakni lebih dari $40 juta pendapatannya tidak dilaporkan selama lima tahun. Dia juga dituduh telah menggunakan aset perusahaan untuk tujuan pribadi.

BACA JUGA: Pasca Penangkapan CEO Nissan, Eksekutif Renault-Nissan akan Bertemu

Ghosn membantah semua tuduhan itu.

Ghosn juga ketua mitra kongsi perusahaan ketiga, Renault, yang sejauh ini belum mengambil tindakan apa pun terkait statusnya.

Ghosn ditugaskan mengelola Nissan pada akhir 1990-an oleh Renault setelah Renault membeli mayoritas saham Nissan. Dia dipuji karena jasanya menyelamatkan Nissan dari ambang kebangkrutan. [lt]