Menlu Israel bertemu Wapres AS untuk Membahas Iran

  • Associated Press

Wakil Presiden AS Kamala Harris (kiri), bertemu dengan Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid (kanan), di kantor seremonialnya di Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower, kompleks Gedung Putih di Washington, 12 Oktober 2021. (AP)

Wakil Presiden Amerika Kamala Harris mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid di Washington, Selasa (13/10).

“Kita akan membahas masalah perdamaian, keamanan dan kemakmuran bagi warga Palestina dan juga Israel. Dan, tentu saja, tantangan regional yang kita hadapi dan keprihatinan kita bersama, terkait Iran.”

Lapid bertemu Harris dan pejabat tinggi Amerika lainnya untuk membeberkan sikap Israel terhadap Iran. Pada hari yang sama, Perdana Menteri Israel Naftali Bennett meminta Dewan Keamanan PBB agar mengambil tindakan terhadap Iran yang meningkatkan program nuklirnya. Bennett mengatakan bahwa perilaku Iran adalah masalah setiap negara, sehingga tunduk pada akuntabilitas global.

Setelah pembicaraan antara Iran dan kekuatan dunia tentang dihidupkannya lagi kesepakatan nuklir, terhenti awal tahun ini, Iran telah melanggar batas yang ditetapkan oleh kesepakatan itu.

Iran telah memperkaya sejumlah kecil uraniumnya ke tingkat yang paling dekat dengan tingkat kemurnian untuk membuat senjata, sementara persediaan uraniumnya terus bertambah.

Lapid mengatakan masalah lain termasuk krisis iklim global akan dibahas dalam pertemuan dengan pejabat Amerika. [ka/rs]