Menkeu AS Yakin Kongres akan Setujui Kesepakatan Perdagangan dengan Meksiko

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin hari Kamis (27/9) mengatakan yakin Kongres akan menyetujui kesepakatan perdagangan baru dengan Meksiko, meskipun perjanjian itu tidak menyertakan Kanada. Namun, ia berharap Washington dan Ottawa bisa mencapai kesepakatan.

"Saya harap begitu. Kita punya hubungan perdagangan yang penting dengan Kanada," kata Mnuchin di sebuah forum, meskipun ia menolak berspekulasi mengenai tenggat waktunya.

Tim perdagangan Presiden Donald Trump bulan lalu mencapai kesepakatan dengan Meksiko tetapi belum mengatasi perbedaan yang ada dengan Kanada mengenai perundingan ulang Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara.

Gedung Putih sebelumnya bermaksud menandatangani kesepakatan dengan Meksiko tanggakl1 Desember, ketika pemerintah baru berkuasa di Mexico City. Itu berarti pemerintah harus menyerahkan naskah perjanjian itu kepada Kongres pada hari Jumat.

Meski demikian beberapa anggota legislatif AS mengatakan Gedung Putih tidak bisa menggantikan perjanjian perdagangan tiga negara itu dengan Meksiko saja.

Namun Mnuchin mengatakan, jika kesepakatan tidak tercapai dengan Kanada, "Saya yakin Kongres akan meloloskan "perjanjian hebat" dengan Meksiko."

Trump hari Rabu sekali lagi mengecam Ottawa, dengan mengatakan "Kanada telah memperlakukan kita dengan sangat buruk" dan mengancam akan memberlakukan tarif pajak pada mobil impor.

Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer mengatakan para perunding "kehabisan waktu" untuk menambahkan Kanada dalam kesepakatan itu, meskipun Kanada bisa bergabung nantinya. Ia mengatakan masih ada "jarak yang cukup jauh" di antara kedua pihak. (my)