Meksiko Harapkan Beberapa Putaran Pembicaraan NAFTA

Menteri Ekonomi Meksiko, Ildefonso Guajardo, memberi isyarat saat konferensi pers di Mexico City, Meksiko, 8 Mei 2017 (foto: REUTERS/Edgard Garrido)

Mungkin ada enam sampai sembilan putaran perundingan antara Amerika, Kanada dan Meksiko jika dicapai kesepakatan cepat mengenai perombakan Perjanjian Perdagangan Amerika Utara (NAFTA), demikian dikatakan Menteri Ekonomi Meksiko Ildefonso Guajardo.

Kepada wartawan di Mexico City hari Jumat, Guajardo mengatakan, anggota NAFTA hendak menghindari kesenjangan lebih dari tiga minggu antara putaran negosiasi guna membuat kemajuan cepat.

Kantor berita Reuters minggu ini melaporkan, ketiga negara telah menyetujui jadwal yang agresif untuk menjadi perantara kesepakatan mengenai NAFTA guna menghindari politisasi pemilihan presiden Meksiko Juli 2018, meramalkan putaran akan diadakan pada interval tiga minggu. Putaran pertama pembicaraan mengenai perundingan ulang NAFTA akan dimulai di Washington, 16 Agustus.

Dua pejabat Meksiko mengatakan kedua negara bertetangga itu bertujuan mengadakan tujuh putaran perundingan, dan pejabat Amerika mengatakan kepada Reuters, Meksiko menginginkan perundingan itu selesai akhir tahun 2017.

Presiden Amerika Donald Trump mendorong dilakukannya negosiasi ulang NAFTA, mengancam meninggalkannya jika ia tidak bisa meninjau kembali kesepakatan itu untuk kepentingan Amerika. Menurutnya, NAFTA memicu defisit perdagangan dengan Meksiko dan menutup ribuan pekerjaan di Amerika. [ka]