Mantan Pebasket AS Minta Korea Utara Bebaskan Warga AS Yang Dipenjara

Dennis Rodman, mantan pebasket AS saat diwawancarai oleh George Stephanopoulos (kiri) dari jaringan televisi ABC dalam acara "This Week", terkait kunjungannya ke Korea Utara awal Maret lalu (Foto: dok). Mantan bintang NBA tersebut menyampaikan permohonan pribadinya melalui pesan twitter ke pemimpin Korsel Kim Jong-un untuk membebaskan Kenneth Bae, warga AS yang ditahan di negara itu, Selasa (7/5).

Mantan bintang NBA Dennis Rodman menyampaikan permohonan pribadinya kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un untuk membebaskan Kenneth Bae melalui Twitter, Selasa (7/5).
Mantan bintang bola basket Amerika Dennis Rodman, yang pertemuannya dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menjadi berita utama sebelumnya tahun ini, menyerukan pembebasan seorang warga negara Amerika yang ditahan Pyongyang.

Bintang NBA berusia 51 tahun yang eksentrik itu menyampaikan permohonan pribadinya kepada Kim melalui Twitter, Selasa (7/5). Pesan itu berbunyi: "Saya menyerukan kepada pemimpin tertinggi Korea Utara atau seperti saya memanggilnya 'Kim,' untuk membantu saya dan membebaskan Kenneth Bae."

Bae, yang memasuki Korea Utara pada bulan November sebagai turis, dijatuhi hukuman kerja paksa 15 tahun setelah dibuktikan bersalah pekan lalu oleh pengadilan tinggi negara itu atas kejahatan terhadap negara yang tidak dijelaskan.

Gedung Putih menyerukan agar Bae segera dibebaskan, dan mengatakan sidang tidak transparan dan tidak melibatkan proses hukum. Bae adalah orang Amerika ke-6 yang ditahan di Korea Utara sejak 2009. Semua telah dibebaskan sebelum menjalani hukuman mereka sepenuhnya.

Rodman mengesampingkan masalah hak asasi manusia dalam perjalanan Februari ke Korea Utara, di mana ia menjadi satu-satunya Amerika terkemuka telah bertemu dengan Kim.