Tabrakan Beruntun di Uganda, Lebih dari 30 Orang Tewas

Kendaraan tim Palang Merah Uganda. (Foto: JUNIOR D.KANNAH / AFP)

Lima mobil terlibat dalam kecelakaan beruntun di sebelah barat Uganda, Selasa malam (2/2) menewaskan sedikitnya 32 orang dan melukai lima lainnya, menurut beberapa laporan kecelakaan itu.

Irene Nakasiita, pejabat komunikasi Masyarakat Palang Merah Uganda, mengatakan, Rabu (3/2), kecelakaan beruntun itu terjadi di jalan raya Fort Portal-Kasese, sebuah jalan sempit yang sedang dibangun di distrik Kasese.

Laporan awal menunjukkan sebuah truk yang melaju kencang, yang membawa sebuah peti mati untuk penguburan, bertabrakan dengan sebuah mobil. Mobil ketiga yang membawa beberapa penumpang menabrak tumpukan dua mobil tersebut dan dua pengemudi mobil lainnya kehilangan kendali dan menghantam mobil-mobil yang rusak itu.

Harian Daily Monitor Uganda berbicara kepada salah satu saksi mata yang ikut menggambarkan kecelakaan itu sebagai kecelakaan beruntun.

Polisi masih berupaya mengetahui penyebab kecelakaan di Uganda itu, yang mencatat lebih dari 2.000 kematian akibat kecelakaan jalan raya setiap tahun, menjadikannya sebagai salah satu negara dengan korban kecelakaan lalu lintas terbanyak. [lj/uh]