Korban Tewas dalam Kecelakaan Kereta di Kongo Menjadi 75

Foto yang diambil pada 22 April 2014 ini menunjukkan kereta api yang tergelincir di sebelah utara Kamina, di Provinsi Katanga, Republik Demokratis Kongo. Kecelakaan serupa terjadi pada 10 Maret 2022 yang menewaskan 75 orang. (Foto: AFP/Numbi Mathys)

Korban tewas dalam kecelakaan kereta di Republik Demokratis Kongo mencapai 75 orang, kata para pejabat kereta dan kementerian komunikasi pada Minggu (13/3). Sementara 125 orang lainnya mengalami luka-luka akibat insiden tersebut.

Para pejabat pada Sabtu (12/3) menyebut 60 orang tewas dan 52 orang terluka dalam kecelakaan yang terjadi pada Kamis (10/3) malam saat sebuah kereta kargo tergelincir.

BACA JUGA: Belasan Luka-luka dalam Tabrakan Kereta Api Cepat di dekat San Fransisco

Angka yang terbaru bersumber dari Fabien Mutomb, kepala perusahaan kereta negara (SNCC), setelah ia mengunjungi lokasi itu dengan sebuah tim yang dibentuk untuk menyelidiki kecelakaan itu.

Diantara korban luka, 28 orang berada dalam kondisi kritis, kata kementerian komunikasi.

Pada Sabtu (12/3), direktur infrastruktur SNCC, Marc Manyonga Ndambo, mengatakan kepada AFP kereta itu terdiri dari 15 gerbong, di mana 12 gerbong di antaranya kosong.

BACA JUGA: Sejumlah Orang Cedera dalam Tabrakan Kereta di Dekat Teheran

Kereta itu berangkat dari Luena di provinsi yang berdekatan, dan sedang dalam perjalanan menuju kota Tenke, dekat Kolwezi, saat kecelakaan terjadi.

Terdapat ratusan penumpang gelap di dalam kereta itu, kata Manyonga Ndambo, yang berbicara lewat telepon dari Lubumbashi.

Orang-orang sering menyelinap ke kereta kargo untuk melakukan perjalanan karena minimnya kereta penumpang dan sulitnya perjalanan darat. [vm/pp]