Ketika Rakyat Kurdi Irak Memilih Merdeka

Dalam aksi mendukung kemerdekaan, perempuan ini mengatakan referendum ini adalah hal terbaik yang terjadi dalam kehidupannya, di Irbil, Kurdistan Irak, 25 September 2017. (H. Murdock/VOA)

Para pemilih memeriksa nama mereka di tempat-tempat pemungutan suara di Irbil, Kurdistan Irak, 25 September 2017. (H. Murdock/VOA)

Keluarga Kurdi Irak saling berfoto saat melakukan pemungutan suara dalam sebuah referendum kemerdekaan. Baghdad berusaha menghalangi agar referendum tidak terlaksana di Irbil, Kurdistan Irak, 25 September 2017. (H. Murdock/VOA)

Presiden Kurdi Masoud Barzani mengatakan ia percaya beberapa peringatan internasional seputar masalah referendum akan mereda setelah langkah ini terlaksana di Irbil, Kurdistan Irak, 24 September 2017. (H. Shekha/VOA)

Daerah-daerah sekitar Irbil, ibu kota Kurdistan Irak, melaporkan tingginya partisipasi pemilih. Banyak warga membawa orang tua dan anggota keluarga yang sakit untuk mengikuti pemungutan suara, 25 September 2017. (H. Murdock/VOA)

Walaupun ada ancaman referendum akan menimbulkan ketegangan internasional dan dalam negeri, keluarga-keluarga di Irbil mendandani anak-anak mereka dengan bendera Kurdi untuk merayakan pemungutan suara ini, Kurdistan Irak, 25 September 2017. (H. Murdock)

Seorang perempuan Kurdi menggendong bayi laki-laki berumur 6 bulan dengan tangan bertanda tinta yang merupakan simbol kepada keluarga mereka bahwa masa depan Kurdistan adalah kemerdekaan di Irbil, Kurdistan Irak, 25 September 2017. (H. Murdock/VOA)